artikel

Our Enterpreneur - deCokelat - Dari Hobi Jadi Bisnis Omzet Jutaan

Salah satu bisnis yang cocok dengan Ibu rumah tangga yaitu bisnis kue rumahan, karena banyak kaum wanita yang memiliki hobi memasak. Memulai bisnis dengan hobi memberikan satu langkah awal untuk lebih dekat dengan keberhasilan. Mereka yang menjalankan bisnis dengan hobi cenderung menikmati bisnis mereka seperti mereka bersenang-senang sehingga setiap kendala tak ubahnya seperi tantangan yang menarik yang membuat mereka lebih santai dalam menghadapinya. Apalagi ditambah dengan pendidikan yang dikuasai memambah bisnis tersebut menjadi  maksimal.

Dan persepsi ini dibuktikan oleh Ibu Dewi Puspita, S.AB salah satu alumni Institut Stiami yang memulai bisnisnya dari hobi membuat kue lava cake yang hanya untuk dicicipi keluarga namun dia mengupload hasil kuenya di salah satu media sosial yang mendapat respon dari konsumen pertamanya yaitu temannya sendiri.  Tidak pernah terbesit sedikitpun untuk membisniskan lava cake hasil buatannya namun perlahan orang-orang sekitarnya mulai melirik dan mengorder dari  mengcapture hasil testimoni hingga dia memutuskan untuk menentukan harga jual dan mempromosikan secara maksimal secara online melalui Instagram dengan nama brand dan akun @de.coklat.

Kreatifitasnya tidak hanya itu saja, mulai dari tahun 2015 dia mulai mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan referensi melalui  google dan youtube.  Dari referensi tersebut, dia  mencoba membuat berbagai cake ulangtahun hingga cupcake yang bisa dipesan sesuai dengan keinginan konsumen. Kelebihan dari produk De’Coklat ini, konsumen bisa merasa sangat puas dengan hasil pesanannya yang sesuai dengan apa yang mereka mau. Dan kelebihan lainnya yaitu konsumen bisa langsung menerima hasil dari kue tersebut dengan siap antar. Setiap bisnis pasti ada hambatannya terutama dari transportasi online yang  kadang pernah sesekali merusak pesanan hingga konsumen harus menerima kue dengan kondisi yang mengkhawatirkan namun sekarang itu semua sudah diantisipasi dengan baik dan konsumen tak perlu khawatir lagi. Bicara tentang penghasilan  bisnis ini memang boleh dicoba dengan hanya  mengerjakan di rumah, Ibu rumah tangga ini bisa meraup omset hingga Rp 6.000.000 per bulan. Diakuinya dengan fokus pada produk yang modern, inovatiif dan berkualitas, justru pasar bisnis rumahan tak hanya tersegmentasi tetapi juga menghantarkan banyak keuntungan.

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media