Info LPPM

PKM DOSEN PASCASARJANA BERSAMA LPPM SOSIALISASI PENTINGNYA KONSUMSI IKAN DI KELURAHAN SUNGAI BAMBU

Jakata - STIAMINEWS - Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung bpada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat disamping melaksanakan pendidikan sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut ,Undang -undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa.

Pengabdian masyarakat merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain serta melibatkan segenap sivitas akademika : dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui pengabdian masyarakat, Institut STIAMI hadir di tengah-tengah masyarakat melalui Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Institut STIAMI bekerjasama dengan PKM Dosen Pascasarjana Institut STIAMI memilih Kelurahan Sungai Bambu sebagai objek pengabdian untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara melalui transfer ilmu pengetahuan dan berbagai keterampilan. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan akan dilakukan sampai dengan April 2017.

Kegiatan pertama yaitu Sosialisasi Pentingnya Gizi Keluarga dengan Konsumsi Ikan (praktek nuget ikan krispi) yang dilaksanakan tanggal 16 Februari 2017 di RPTRA di Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara yang dihadiri Ibu - ibu dengan jumlah 35 orang. Mereka sangat antusias dengan kedatangan PKM Institut STIAMI karena mendapat penjelasan tentang kebijakan konsumsi ikan oleh Dr. Mary Ismowati, M.Si selaku Kaprodi S2 Magister Ilmu Administrasi, Tambahan mengenai cara mengelola ikan menjadi Icip2 Nuget Ikan Tuna penjelasan resep dan cara membuatnya oleh Ibu Nidaul Izzah, SE, MPd selaku Kaprodi D3 Ilmu Administrasi Bisnis hal ini untuk mengajak ibu - ibu membuat menu keluarga yg lebih variatif dari ikan dan penjelasan terkahir mengenai info dan gizi ikan oleh Ir. Asep Candra Hidayat, M.Si dari LPPM Institut STIAMI. Sebelum penjelasan oleh 3 narasumber diatas ada sambutan hangat oleh Ibu Lurah Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara. PKM juga tidak lupa untuk membagikan angket sebagai bahan paper riset. Peserta dipersilahkan untuk mengajukan beberapa pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Banyak manfaat yang bisa di dapat dari semua peserta bahkan masyarakat Kelurahan Sungai Bambu seperti dapat meningkatnya taraf hidup karena adanya keterlibatan Ibu rumah tangga dalam peningkatan income keluarga karena adanya keterampilan yang telah diajarkan oleh tim PKM Institut STIAMI.(Selvi/Mary)

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media