Stiami News

LPPM INSTITUT STIAMI SELENGGARAKAN SELEKSI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

akarta – STIAMINEWS – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997 yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. PKM memiliki lima sub program yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I)

Berlatang belakang tesebut, LPPM Institut STIAMI mengadakan Pelaksanaan Seleksi Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa pada Jumat, 21 April 2017 diruang 201 diikuti oleh 5 kelompok untuk didanai oleh lembaga Institut STIAMI. PKM yang diseleksi terdiri dari PKM-Penelitian,  PKM-Kewirausahaan, PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat. Seleksi ini bertindak sebagai juri diantaranya adalah Ketua LPPM Dr. Ir. A.H. Rahadian, M.Si, Wakil Rektor I Dr. Yulianto, SE, MM dan Tim LPPM Ibu Resista Vikaliana, S.S, MM

Kegiatan ini bermaksud karena Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan atau yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistis, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan, dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). (Munir/Selvi)

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media