Stiami News

Sosialisasi dan Reviewer Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Nasional 2017

Jakarta – STIAMINEWS – Kegiatan Sosialisasi dan Reviewer Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Institut STIAMI 2017 terselenggara pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa yang sangat antusias untuk mengikuti acara yang menghadirkan pembicara yaitu Bpk. Ahmad Fahmi (Reviewer Nasional PKM, Jufri PIMNAS/Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) acara diadakan di Ruang 401 Institut STIAMI Kampus Pusat.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Acara dibuka oleh Dr. Yulianto, SE, MM selaku Warek I Institut STIAMI mengungkapkan bahwa PKM Institut STIAMI harus dikembangkan karena dapat mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin.

Dalam sosialiasinya Bpk. Ahmad Fahmi menjelaskan bahwa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 yang merupakan integrasi dan sekaligus metamorfosis dari berbagai jenis kompetisi mahasiswa bidang penalaran atau karya ilmiah yang ada saat itu. PKM terdiri atas 2 kategori besar yaitu 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu

  • PKM-Penelitian (PKM-P)
  • PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  • PKM-Pengabdian kepada Masyarakat  (PKM-M)
  • PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
  • dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC).

Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu  PKM- Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM- Gagasan Tertulis (PKM-GT). Tapi mulai tahun 2016 PKM dikelola di bawah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Dosen juga harus berkontribusi menjadi pembimbing tiap kelompok mahasiswa karena masih mempunyai waktu untuk mengupload proposal hingga tanggal 30 November 2017. Tujuannya agar PMK Mahasiswa Institut STIAMI bisa menembus PIMNAS-Pekan Ilmiah. (Selvi)

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media