Info Kemahasiswaan

MAHASISWA INSTITUT STIAMI KUNJUNGI KPP PRATAMA SAWAH BESAR SATU

Jakarta – STIAMINEWS - Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang akan menentukan masa depan negara. Mereka harus menyadari pentingnya pajak untuk pemerataan pembangunan. Oleh karenanya, sosialisasi pajak kepada para calon Wajib Pajak ini penting diberikan untuk membekali mereka memahami peran dan kedudukan pajak dalam pembangunan, karena merekalah calon pengisi pembangunan di masa yang akan datang. Pemahaman pajak yang benar, akan sangat menentukan peran serta mereka dalam melaksanakan kewajiban pajaknya di kemudian hari.

Dalam rangka memberikan sosialisasi pajak kepada mahasiswa, KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Satu menyelenggarakan “Campus Goes to Tax Office”  ini merupakan sosialisasi perpajakan dengan mengundang Mahasiswa Institut Stiami Prodi Ilmu Administrasi Publik.

Mengawali kegiatan, Kepala KPP Pratama menjelaskan secara garis besar mengenai pelayanan di KPP Pratama Sawah Besar Satu dan menyatakan dukungannya atas kegiatan ini, “Saya berharap adik-adik mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, sehingga tidak hanya untuk menambah ilmu saja, tapi juga menggugah kesadaran mengenai pentingnya pajak untuk negara” ujarnya.

Sebanyak 40 mahasiswa dan 2 dosen  ikut berpartisipasi dalam acara yang dilaksanakan Selasa, 28 November 2017. Sebelum mahasiswa berkeliling ke setiap divisi, para peserta lebih dulu dikumpulkan di Aula Lantai IV untuk diberikan sosialisasi pajak sekaligus pengenalan mengenai proses - proses apa saja yang ada di Kantor Pelayanan Pajak.

Namun sebelum sosialisasi dimulai, MC bersama tim kreatif lebih dulu melakukan games menarik untuk menggugah semangat mahasiswa mengikuti kegiatan. Para peserta rupanya cukup antusias, ruangan pun langsung heboh dengan sorak sorai peserta. Usai dilaksanakan sosialisasi perpajakan, mereka diajak untuk berkeliling ke seluruh seksi/bidang yang ada di kantor pelayanan pajak, mulai dari Tempat Pelayanan Terpadu (TPT), Seksi Pelayanan, Seksi Pengolahan Data dan Informasi (PDI), Seksi Pemeriksaan dan Kepatuhan Internal, Seksi Pengawasan dan Konsultasi hingga ke Bagian Umum.

Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing – masing kelompok dipandu oleh satu orang guide dari pegawai Kantor Pelayanan Pajak yang bersangkutan.Guide ini bertanggung atas kunjungan di KPP, dan mereka bertugas untuk menjelaskan proses kinerja yang ada. Selama kunjungan, para peserta diberi kesempatan untuk bertanya maupun berkonsultasi seputar perpajakan. Acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan plakat dari kedua belah pihak. (Selvi)

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media