Stiami News

PENTINGNYA JENJANG AKADEMIK BAGI PENGAJAR

Jakarta – STIAMINEWS – Bertempat di Aula Kampus Institut Stiami, menggelar Workshop bertemakan “Penyusunan Jabatan Akademik dan Angka Kredit Dosen” pada Sabtu (17/11) lalu, Dr. Euis Komalawati, S.Sos, M.Si selaku Dekan FISMA Institut Stiami menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk pembelajaran dan sosialisasi kepada Dosen, “Kegiatan ini dimaksudkan agar teman-teman dosen tidak hanya berhenti sampai tenaga pengajar tetapi juga harus memiliki jenjang akademik. Hal tersebut sangat memberikan manfaat tidak hanya untuk dosen tersebut saja tetapi juga kampus kita karena memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih bermutu dan menjadikan kampus mejadi lebih unggul” ujarnya di sesi Pembukaan sebagai perwakilan dari Institut Stiami.

Workshop ini dihadiri 110 Dosen Institut Stiami dan menghadirkan Pembicara dari Penilaian Angka Kredit LLDIKTI Wilayah III dan Tim Jabatan Akademik Dosen. Dalam paparan nya, Bachrudin, SH selaku Kepala Sub Bagian  Pendidikan dan Tenaga Pendidikan menjelaskan banyak faktor penghambat dosen melanjutkan Jenjang Akademik mereka bahkan tidak memahami hal tersebut , salah satunya adalah tidak membuat karya ilimiah. Jenjang Akademik yaitu dari Asisten Ahli, Lektor, Kepala Lektor dan Guru Besar (Profesor), setiap jenjang tersebut memiliki Angka Kredit yang berbeda-beda. Angka kredit diperlukan untuk kenaikan jabatan dan pangkat yang harus memenuhi jumlah angka kredit dan persentase masing-masing unsur kegiatan yang ditentukan baik perjenjang maupun kumulatif minimalnya dengan ketentuan harus berasal dari unsur utama (Tri Dharma Perguruan Tinggi)

“Dosen juga bisa loncat  jabatan, misal dari Asisten Ahli menjadi Kepala Lektor atau Lektor menjadi Guru Besar dengan mempublikasikan Karya Ilmiah Internasional-nya” ujar Sudadi salah satu narasumber dari Kepala Bagian Sumber Daya Perguruan Tinggi.

Acara tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama Dosen Institut Stiami dan Narasumber. Diharapkan dengan adanya acara ini, dosen-dosen tersebut dapat termotivasi dan optimis dalam membuat karya ilmiah nasional dan internasionalnya dalam menaikan Jabatan Akademik dan Angka Kredit mereka. (Dela Isnuariyanti)

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media