Stiami News

MENPAN RB SYAFRUDDIN HADIRI SEMINAR NASIONAL 2019 PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT STIAMI

Jakarta – STIAMINEWS – Era Revolusi Industri 4.0 adalah tren otomasi dan pertukaran Data terkini, pada era ini juga Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, menekankan pada pola digital economyartificial intelligencebig datarobotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Hampir semua aspek mengadaptasi fenomena era Industri 4.0 termasuk dalam kualitas Pelayanan Publik berbasis pada Era Digital Industri 4.0. Profesianalisme dalam kinerja Aparatur Sipi Negara (ASN).

Sesuai dengan perspektif latar belakang tersebut, Program Pascasarjana mengadakan Seminar Nasional 2019 dengan tema : Membangun Profesionalitas ASN Dalam Rangka Meningkatkan Kulitas Pelayana Publik di Era Digital Industri 4.0. Sabtu (26/1) bertempat di Hotel El Royal, Kelapa Gading Jakarta. Dihadiri oleh ratusan peserta Mahasiswa Prog. Pascasarjana serta beberapa undangan juga relasi.

Dr. Taufan Maulamin, SE. Ak, MM selaku Direktur Program Pascasarjana dalam sambutannya menyampaikan “75% Mahasiswa Institut Stiami Pascasarjana adalah ASN, oleh karena itu Institut Stiami telah memberikan kontribusi bagi Negeri”.

Seminar Nasional kali ini turut mengundang Drs. Syafruddin, M.Si selalu Menteri Pendayagunaan Aparautr dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Drs. Syafruddin, M.Si. Sebagai Keynote Speech. Beliau menyampaikan “Kemajuan Negara adalah yang telah membangun kapasitas Sumber Daya Manusia sebagai aset tak tergantikan dan juga terbarukan. ASN khususnya menjadi pilar penting negara. Pemerintah Pada tahun sebelumnya fokus terhadap membangun infrastruktur, namun tahun ini bergeser kepada fokus membangun Sumber Daya Manusia dan tentunya ASN menjadi kekhususan”.

Selepas Mentan RP, diskusi panel Seminar kali ini di moderatori oleh Dr. Agus Cholik, SE, MA selaku Wakil Rektor III Institut Stiami. Sedangkan narasumber seminar kali ini ialah :

- Dr. Tri Widodo W. Utomo, SH., MA (Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara)
- Prof. Dr. Martani Huseini (Guru Besar FIA Universitas Indonesia)
- Dr. Sri Sundari, SH., MM (Dosen Pascasarjana/ASN DPD RI)

Dr. Tri Widodo menyampaikan materi berjudul ‘Tuntutan Penguatan SDM Aparatur untuk Akselerasi Pelayanan di Era Revolusi Industri 4.0’. Beliau menyampaikan “Tuntutan masyarakat di Era Digital yaitu Pelayanan yang Serba Cepat, Aksibilitas terhadap Pelayanan Tinggi, Biaya mendapatkan Pelayanan Semakin Murah dan Transparansi untuk Informasi Publik.”

Sedangkan Prof. Martani menyampaikan materi ‘Inovasi Pelayanan Publik di Era Governansi Digital 4.0’. “Beberapa persiapan UI menghadapi Revolusi Industri 4.0 yaitu Penguatan IT Governance, Penguatan Proses Pendidikan, Penguatan Kegiatan Riset serta Penguatan Pengabdian/Pelayanan Masyarakat.” Jelas Martani.

Dr. Sri Sundari mengatakan “Sebagai salah satu tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat pelayanan publik haruslah diselenggarakan seoptimal mungkin oleh pemerintah, bahkan sudah selayaknya pemerintah melakukan peningkatan pelayanan publik itu sebagai salah satu tuntutan untuk menciptakan konsep good governance. Peningkatan itu tentunya diharapkan juga mampu memberikan tingkat kepuasan kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan semakin menaruh kepercayaan kepada pemerintah yang menciptakan produk-produk pelayanan publik lain. Peningkatan pelayanan itu juga tentunya harus dilakukan secara terus-menerus untuk memperbaiki berbagai kesalahan-kesalahan yang sering ditemui dan memberikan solusi terhadap pemecahannya.”

Dalam sesi tanya jawab, para peserta sangat antusias terhadap tema yang diangkat kali ini, dikarenakan beberapa Mahasiswa Porgram Pascasarjana Institut Stiami adalah ASN dari beberapa Instansi Pemerintah sehingga materi yang disampaikan dan didiskusikan sanagat bermanfaat dalam pengembangan kualitas profesionalitas kinerja di era Revolusi Industri 4.0.

Acara berlangsung lancar dan sukses. Irfan7oy

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media