Stiami News

KPU BEA DAN CUKAI TIPE A TANJUNG PRIOK MENERIMA KUNJUNGAN LAPANGAN DARI MAHASISWA INSTITUT STIAMI

Jakarta – STIAMINEWS – Salah satu kegiatan tambahan yang dilakukan Mahasiswa Institut Stiami adalah Kunjungan Lapangan untuk mengetahui secara langsung proses yang dilakukan oleh beberapa perusahaan yang sesuai dengan matakuliah yang diambil. Kali ini Mahasiswa Institut Stiami Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) melakukan kunjungan lapangan (Campus goes to Custom) ke Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (9/4). Kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung proses ekspor dan impor di Indonesia melalui KPU Bea dan Cukai.

Acara dibuka oleh Tri Retnaningtyas Johanna, Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan III, dalam sambutannya beliau mengatakan sangat senang dengan kehadiran Mahasiswa Institut Stiami serta jajaran Program Studi yang mendampingi, beliau juga menyampaikan agar mahasiswa dapat memberikan masukan kepada KPU Bea dan Cukai agar lebih kekinian. Bpk. Widiono, SE, MM selaku Kaprodi Administrasi Bisnis Institut Stiami juga menyampaikan sambutannya. Beliau berterima kasih kepada KPU Bea dan Cukai yang sudah memberi kesempatan kepada Mahasiswa Institut Stiami untuk melihat langsung bagaiman mengimplementasikan teori – teori yang diterima saat kuliah, semoga Mahasiswa bisa banyak mengambil pelajaran dan semoga banyak mahasiswa Institut Stiami yang bekerja di KPU Bea dan Cukai ini.

Rendy Satya selaku pemateri menyampaikan bagaimana prosedur ekspor impor dan upaya bea dan cukai menjadi fasilitator perdagangan dan industri, seperti simplifikasi prosedur ekspor, Pusat Logistik Berikat (PLB), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil Menengah dan hal lainnya mengenai kepabeanan dan cukai. Setelah pemaparan materi acara dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke beberapa bagian serta jobdesc/fungsi proses di KPU Bea dan Cukai. Mahasiswa terlihat sangat antusias dan pihak Bea dan Cukai juga sangat semangat menjelaskan beberapa bagian di Kantor tersebut. (Jorghy / Irfan7oy)

Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media