Jurnal dan Penelitian

Analisa Web Untuk Memahami Perilaku Konsumen Online Studi Kasus “store Steam Powered”
Transparansi
Volume. VII No. 2 September 2015
Abstrak

Perkembangan pengguna internet dari tahun ketahun hingga saat ini terus meningkat, hal tersebut dapat diketahui melalui survey yang dilakukan Internet Worldstats.  Menurut survey yang dilakukan oleh Internet Worldstats, United Stated menempati urutan ke-3 dari pengguna internet sedunia setelah negara Cina. Dari hasil survey tersebut menunjukkan bahwa hampir seluruh kegiatan/aktifitas bisnis yang dilakukan oleh penduduk dunia dan khususnya penduduk United State / Amerika menggunakan fasilitas internet dalam segala aktifitasnya terutama transaksi secara online. Dan salah satu tool yang dapat membantu untuk menganalisa perilaku konsumen online yaitu dengan menggunakan web analytics. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menganalisis bagaimana data analisis dapat secara efektif digunakan untuk memahami perilaku konsumen online saat ini. Diharapkan dengan penggunaan analisis web, perusahaan dapat memprediksi perilaku konsumen online masa depan dan pesan khusus terhadap promosi-promosi yang telah dikirim ke masing-masing individu. Dengan memahami pola dan hal-hal yang terdapat pada web analisis diharapkan dapat membantu untuk mengembangkan proses bisnis dan isi serta disain yang perlu dibuat khususnya “store steam powered”. Store steam powered merupakan salah satu  distributor digital game milik Valve yang berbasis web. Pelayanan utama yang dilakukan adalah penjualan steam game melalui sebuah web e-commerce yang bertujuan untuk menghindari pembajakan yang sangat marak pada saat ini.      

Judul
Analisa Web Untuk Memahami Perilaku Konsumen Online Studi Kasus “store Steam Powered”
Penulis
Endang Supriyadi
Penrbit
LPPM Institut Stiami
Bahasa
Indonesia
Hak Cipta
Institut Stiami
Kata Kunci
web analytics, store steam powered, perilaku konsumen online.
Daftar Pustaka

effendi. (2010). Peranan Internet Sebagai Media Komunikasi. Komunika (Jurnal Dakwah dan Komunikasi), Vol. IV, No. 1.

Engel, J. B. (1993). Consumer Behavior. USA: The Dryden Press.

Fang, W. (2007). Using google analytics for improving library website content and design : a case study. Journal Philosopy, 2.

Giddens, A. (2001). An Introduction to Sociology. London: W. W. Norton, Incorporated.

google. (2107, 7 31). Retrieved from Fitur google analytics: https://www.google.com/intl/id_ALL/analytics/features/index.html

hitstat feature. (2017, 7 31). Retrieved from hitstat.com: http://www.histats.com/?act=2

Kaushik, A. (2007). Web Analytics:An Hour a Day. United States: Jhon Willey & Sons.

stats. (2012, Juni). Retrieved from worldstats: http://www.internetworldstats.com/stats.htm

stats. (2017). Retrieved from internet world stats.

steam. (2017). Retrieved from steampowered: http://id.wikipedia.org/wiki/steam

steampowered. (2017). Retrieved from http://store.steampowered.com

Suyasa, P. T. (2005). Perbedaan Minat dalam Penggunaan Fungsi Internet berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Psikologi, Vol. 3, No. 2.

Syahrial, K. M. (2010, Oktober 1). Analisa Statistik Pengunjung Situs Resmi Universitas Syiah Kuala (www.Unsyiah.ac.id ). Oktober, pp. Vol. 9 , No. 2.

w3funtion. (2017, 7 31). Retrieved from Google Analityc dan Alternatif Pilihan layanan Website Analityc lainnya: http://www.w3function.com/blog/index.php?p=det&idn=65,

w3techs. (2017, 6 1). Usage of Traffic Analysis Tools for Websites. Retrieved from w3techs.com : web technology surveys: https://w3techs.com/technologies/overview/traffic_analysis/all

Wilkie, W. L. (1990). Consumer Behavior 2nd Edition. Canada: John Willey & Sons Inc.

Zara, J.-A. B. (2012). Using Analytics for Understanding The Customer Online. Romania: Bucharest.

Download File
 analisa-web-untuk-memahami-perilaku-konsumen-online-studi-ka.pdf (23)
Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media