Jurnal dan Penelitian

Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Pelanggan Program Unggulan Strata Satu (s1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (stiami)
Bijak
Volume. XIII No. 1 Maret 2016
Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan/ Mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 32 responden yang diambil dari populasi sebanyak 36 mahasiswa dengan metode Sampling Jenuh. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, teknik kuisioner penelitian, dan observasi. Pengolahan data primer menggunakan Metode Analisis Metode Deskriptif Analitik. Dari pembahasan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut

Pertama, Tidak Terdapat pengaruh Pemasaran (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan/Mahasiswa (Y). Nilai signifikasi pada variabel Pemasaran adalah sebesar 0,966 (<0,05) yang berarti tidak ada pengaruh variabel Pemasaran secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan. Sehingga H0 ditolak H1 diterima. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan (X2) yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan/Mahasiswa (Y). Nilai signifikasi pada variabel Kualitas Pelayanan adalah sebesar 0,000 (<0,01) yang berarti dengan tingkat keyakinan 99 persen variabel Kualitas Pelayanan secara parsial sangat nyata mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Sehingga H0 diterima H1 ditolak. Terdapat pengaruh positif dan signifikan, Variabel Pemasaran (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan (mahasiswa) (Y). Melalui uji signifikasi dengan menggunakan distribusi F, diproleh F hitung diperoleh Signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Ini berarti H0 diterima atau H1 ditolak. Dan besarnya nilai Koefisien Determinasi yang diperoleh dengan perhitungan SPSS adalah sebesar 0.718. Hal ini menunjukkan bahwa 71,8% Nilai ini menunjukkan bahwa variasi total pengaruh seluruh variabel bebas terhadap variabel Kualitas Pelanggan/Mahasiswa. Pengaruh variabel lain diluar variabel yang diteliti adalah sebesar 28,2 persen.

Kedua, Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan baik secara individual maupun secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan/mahasiswa.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

 

Abstract. This study aims to determine the Effects of Marketing Strategies and Customer Satisfaction Quality Of Service / Student. Samples are 32 respondents drawn from a population of 36 students with Saturated sampling method. Data collection using questionnaire techniques, engineering research questionnaires, and observation. Processing of primary data using Analytical Methods Descriptive Analysis Method. From the discussion following results were obtained:

First, There is the influence of Marketing (X1) on Customer Satisfaction / Student (Y) . Marketing significant value in the variable is equal to 0.966 (<0.05) which means that there is no influence of marketing variables partially on Customer Satisfaction. So H0 is rejected H1 is accepted. There is the influence of Quality of Service (X2) are positive and significant impact on Customer Satisfaction / Student (Y) . The value of significance in the variable quality of service is equal to 0.000 (< 0.01), which means with a confidence level of 99 percent variable partial Service Quality Customer Satisfaction is very real influence . So H0 H1 is rejected. There is positive and significant, Marketing Variables (X1) and Quality of Service (X2) jointly against Employee Morale (Y). Through the significance test using the F distribution, obtained Significance calculated F of 0.000 ( < 0.05 ) . This means that H0 is accepted or rejected H1. And the value of the coefficient of determination obtained with SPSS calculation amounted to 0.718. This indicates that 71.8 % of this value indicates that the total variation influences all independent variables to variable Quality Customer / Students. The influence of other variables beyond the variables studied was 28.2 percent. variables beyond the variables studied was 28.2 percent .

Secondly, Strategy Marketing and Service Quality, both individually and jointly influence on customer satisfaction / student.

Key Word : Marketing Strategy, Service Quality and Customer Satisfaction

Judul
Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Pelanggan Program Unggulan Strata Satu (s1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (stiami)
Penulis
Suparman
Penrbit
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Program Studi Sarjana Ilmu Administra
Bahasa
Indonesia
Hak Cipta
Institut STIAMI
Kata Kunci
Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan
Daftar Pustaka

Ainswort, Murray, Neville Smith, and Anne Millership, 2002. Managing Performance Managing People: Understanding and Improving Team Performance. Printed in Australia by Griffin Press.

Djaslim saladin, 2007 manajemen pemasaran,  printile hall.

Gregirius Chandra, 2002 strategi dan program pemasaran, Andi Yogyakarta.

Kotler Philip, 2004 manajemen Pemasaran edisi millennium, PT. Prenhallindo Jakarta.

Mulyana. E, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Remaja Rosda Karya.

Nasution, M.N, 2004. Manajemen Jasa Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Neuman, Lawrens W 2006. Social Research Method, Qualitative and  Quantitative Approaches. Six Edition. Boston New York, London: Pearson Education Inc.

Nur’aeni, 2011. Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Dosen Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan

Oliver, Richard L, 1997, Satisfaction A Behavioral Respective on The  Customer, Mc Graw-Hill, Companies In, Singapore.

Panji, Anggoro, 2005.  Analisis Faktor-Faktor kualitas Pelayanan Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi  “AUB” Surakarta.

Parasuraman, Valerie A. Z and Berry. 1990, Delivering Quality Service, McMilan. Hal 15.

 

Pedoman Penulisan Tesis Dan Artikel Ilmiah Program Pascasarjana Ilmu  Administrasi, 2012. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala  Indonesia Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 19 Tahun 2005 tentang  Standar Nasional Pendidikan. Dediknas RI. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Gramedia  Pustaka Utama. 

Santosa, Purbayu Budi dan Ashari, 2005, Analisis .  Statistik Dengan  Microsoft Excell & SPSS, Andi Offset.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alpabeta.  Bandung

 

Sukmono, Rita Ambarwati Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelangan dengan Metode Structural Equation Modeling (studi kasus : bni cabang tanjung perak Surabaya).2011. 

Tampubolon, 2001. Manajemen Pendidikan, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 1996, Manajemen Jasa, Penerbit, Andi Yogyakarta.

William J. Stanton, 1989 prinsip pemasaran edisi ke tujuh jilid 1, erlangga.

Yamin, H. Martinis, 2009. Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP  dilengkapi UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Gaung Persada Press. GP press.

Zeithaml, Valerie; A.A. Pasuraman, and Leonard L. Berny. 2009.   Delivering Quality Servive; Balancing Customer Perceptions and  Expectations. New York; The Free Press.

Zeithaml, Valerie A and Bitner, Mary Jo. 2003. Service Marketing. McGraw Hill Inc, Edition, New York.

Download File
 pengaruh--strategi-pemasaran-dan-pelayanan-perguruan-tinggi-.pdf (11)
Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media