Jurnal dan Penelitian

Analisis Strategi Dan Daya Saing Maskapai Berbiaya Rendah : Study Kasus Ryanair Ltd
Bijak
Volume. XIII No. 2 September 2016
Abstrak

Abstrak. Sebelum munculnya penerbangan berbiaya rendah, penerbangan di benua Eropa telah didominasi oleh maskapai besar seperti British Airways. Di saat industri penerbangan mengalami peraturan ketat di Uni Eropa, tetapi Ryanair Ltd., berani memasuki industri penerbangan dengan hambatan besar tersebut. Mereka mampu menerobos pasar dengan operasional biaya rendah sambil mempertahankan keuntungan, tampil beda dengan yang lain dengan tetap menerapkan keunggulan layanan kepada pelanggan dan mencapai penghematan biaya melalui penggunaan layanan dengan jaringan internet.

Ryanair Ltd., berdasarkan marketing busting-nya telah menjadi maskapai bertarif rendah (low-cost airlines) terbesar di Eropa. Untuk tahun fiskal 2004, perusahaan menghasilkan pendapatan sebesar 1,32 miliar, terjadi peningkatan sebesar 44% dari tahun sebelumnya dan Ryanair Ltd., menyediakan layanan untuk 93 kota di seluruh Eropa serta tercatat lebih dari 15 juta penumpang per tahun.

Penelitian ini diangkat dari analisis tulisan/paper dengan melakukan analisis strategi dan daya saing Ryanair Ltd., dalam mencapai kesuksesan dengan menggunakan analisa SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Dengan penggunaan SWOT dan BMC diharapkan dapat menampilkan model bisnis yang lebih sederhana.

 

Kata Kunci : Maskapai berbiaya rendah, Ryanair Ltd., industri perusahaan jasa penerbangan, analisa SWOT, Business Model Canvas (BMC)

 

Abstract.  Before the emergence of flying at low cost, large companies such as British Airways has dominated the European aviation industry services company. When the current industry trends undergo strict regulations in the European Union in 1997, where an airline from one member state can not fly in one market domestic that different countries, but Ryanair Ltd., dared to enter the aviation industry with the major obstacle. They were able to break through the market with low cost operations while maintaining the advantages, distinguishes itself with a permanent service implements to customers who are superior, and achieve cost savings through the use services to the Internet network.

As a result of its strategy Market Busting, Ryanair Ltd., has become the largest low - cost airlines   (one of the flight operators) in Europe. For the fiscal year 2004, the company brings in revenue of $ 1.32 billion, increased 44% from the year previous. Ryanair Ltd.   currently provides service to 93 cities across Europe, recorded more than 15 million passengers per year.

This paper analyzes the strategy and competitiveness Ryanair Ltd. to achieve success using SWOT analysis and Business Model Canvas (BMC). Where the use of SWOT analysis tool and the BMC is expected to displays a simpler business model.

 

Keyword : low cost airlines, Ryanair Ltd., airlines service industry, SWOT analysis, business model canvas (BMC

 

Judul
Analisis Strategi Dan Daya Saing Maskapai Berbiaya Rendah : Study Kasus Ryanair Ltd
Penulis
Fino Wahyudi Abdul, Eko Joyoprayitno, Taufan Maulamin
Penrbit
LPPM Institut STIAMI
Bahasa
Indonesia
Hak Cipta
Institut STIAMI
Kata Kunci
Maskapai berbiaya rendah, Ryanair Ltd., industri perusahaan jasa penerbangan, analisa SWOT, Business
Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

Dobruszkes, F. (2006). “An analysis of European low-cost airlines and their networks”. Journal of Transport Geography, 14 : 249 – 264.

Geller, D., Folan, B., Shain, B. (2013). “Ryanair Strategy Report”. Bridges Consulting, pg: 1-28.

Malighetti, P., Paleari, S. & Redondi, R. (2009). “Princing Strategies of low-cost airlines : the Ryanair case study”. Journal of Air Transport Management, 15 : 195–203

Tim PPM Manajemen (2012). “Business Model Canvas”. PPM Jakarta, Cetakan 1.

Van assen, M., Van den berg, G. & Pietersma, P. (2009). “Key Management Models”. Prentice Hall, 2nd Edition

 

 

 

 

www.air-scoop.com/pdf/ryanair-business-model_Air-Scoop_2011.pdf. Jurnal Air Scoop, (Diakses tanggal 5 Juli 2013)

www.centreforaviation.com/analysis/ryanair-swot-analysis-michael-maniacal-focus-on-being-the-lowest-cost-producer-96465. (Diakses tanggal 15 Juli 2013)

www.id.wikipedia.org/wiki/Maskapai_penerbangan_bertarif_rendah. (Diakses tanggal 8 Juli 2013)

www.ryanair.com/doc/investor/2012/final_annual_report_2012_310712.pdf. Journal Final Annual Report 2012 Ryanair, (Diakses tanggal 8 Juli 2013)

Download File
 analisis-strategi-dan-daya-saing-maskapai-berbiaya-rendah-:-.pdf (205)
Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media