Jurnal dan Penelitian

Komunikasi Transbudaya Pondok Pesantren: Kajian Teoretis Dalam Paradigma Konstruktivis
Lugas Jurnal Komunikasi
Volume. 1 No. 1 Juni 2017
Abstrak

Komunikasi transbudaya yang terjadi dalam lingkungan pondok pesantren merupakan fenomena yang unik. Sejumlah pesantren di Indonesia menerapkan pola pendidikan multikultural agar para santrinya memahami berbagai perbedaan budaya karena santri berlatar belakang budaya yang berbeda. Melalui kajian pustaka dan kajian teoretis dalam paradigma konstruktivis dapat mengungkapkan sejumlah realitas ilmiah menarik mengenai komunikasi transbudaya pondok pesantren di Indonesia. Pertama, santri berbeda budaya saling memahami perbedaan latar belakang santri sehingga membentuk keakraban selama mengenyam pendidikan di pesantren. Kedua, kyai memiliki pengaruh yang kuat dalam menyampaikan pesan-pesan komunikasi antarbudaya di kalangan santri dengan menggunakan simbol-simbol pesantren. Ketiga, pondok pesantren mengembangkan pendidikan multikultural dengan mendasarkan pada ajaran Islam yang memahami pluralitas (kebhinekaan) sebagai realitas yang manusiawi dan tidak perlu dipersoalkan dalam hubungan kemanusiaan. Keempat, lingkungan pondok pesantren dapat mengkomunikasikan pesan komunikasi multikultural melalui jaringan pesantren, baik nasional, maupun internasional sehingga dapat membangun semangat kebersamaan dalam perbedaan.

Judul
Komunikasi Transbudaya Pondok Pesantren: Kajian Teoretis Dalam Paradigma Konstruktivis
Penulis
Kun Wazis
Penrbit
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Program Studi Manajemen Komunikasi I
Bahasa
Indonesia
Hak Cipta
Institut STIAMI
Kata Kunci
Komunikasi Transbudaya, Pesantren, Paradigma Konstruktivis
Daftar Pustaka

Abdullah, Jihan. 2014. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren, Palu: Jurnal Istiqra.

 

Dalmeri. 2015. Wacana Pendidikan Islam Multikultural untuk Keharmonisan Hidup Berbangsa. Yogyakarta: Jurnal Kawista.

 

Jehwae, Phaosan. 2014. Dilema Bahasa Melayu sebagai Bahasa Pengantar Pembelajaran di Pondok Pesantren Pattani Thailand Selatan. Palembang: Jurnal UIN Raden Patah.

 

Littlejohn Stephen W. &  Karen A. Foss. 2014. Teori Komunikasi (Jakarta: Salemba Humanika.

 

Kuswarno, Engkus. 2013. Fenomenologi, Bandung: Widya Padjadjaran.

 

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Instrans Publishing.

 

Samovar, Larry  A & Ricard E. Porter, dan Edwin R. Mc Daniel. 2014. Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

 

Sendjaja, Sasa Djuarsa. 2011. Teori Komunikasi, Jakarta: Universitas Terbuka.

West, Richard & Lynn H. Turner. 2012. Pengantar Teori Komunikasi: Buku 1, Jakarta: Salemba Humanika.

 

INTERNET

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib, diakses 27 November 2015.

http://jurnal.iainpalu.ac.id, diakses 27 November 2015.

http://jurnal.ugm.ac.id/kawistara/article/view/6407/5055, diakses 27 November 2015.

Download File
 komunikasi-transbudaya-pondok-pesantren:--kajian-teoretis-da.pdf (130)
Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media