Jurnal dan Penelitian

Kapasitas Pemerintahan Desa Dalam Menghadapi Implementasi Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa (di Pemerintahan Desa Tutul, Desa Balung Kulon, Dan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember)
Reformasi Administrasi
Volume. 4 No. 2 September 2017
Abstrak

Abstrak. Tesis ini menganalisis tentang kapasitas pemerintahan desa dan strategi peningkatannya dalam menghadapi implementasi Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang desa. Penelitian dilakukan di tiga pemerintahan desa yaitu Desa Tutul, Balung Kulon Dan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan supaya kewenangan desa agar lebih dipertegas untuk mengakhiri permasalahan yang terkait dengan tata organisasi, perlu juga dilakukan peninjauan ulang terkait program pembinaan yang selama ini skemanya cenderung dari atas dan bersifat elitis, sehingga tidak benar-benar sesuai dengan kebutuhan aparat pemerintahan desa; perlu juga adanya pelibatan pemangku kepentingan pemerintahan desa seperti pemerintahan supradesa untuk membantu penguatan kapasitas pemerintahan desa baik dari segi kebijakan, sumberdaya ataupun pendampingan. Selain itu, perlu adanya pelibatan perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat supaya dapat membuka dan memperluas wacana baru tentang pembaharuan desa.

Judul
Kapasitas Pemerintahan Desa Dalam Menghadapi Implementasi Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa (di Pemerintahan Desa Tutul, Desa Balung Kulon, Dan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember)
Penulis
Zakia Dan Irfan Ridwan Maksum
Penrbit
LPPM Institut STIAMI dan Ilmu Administrasi Publik
Bahasa
Indonesia
Hak Cipta
Institut STIAMI
Kata Kunci
Kewenangan Desa; Pemerintahan Desa; Peningkatan Kapasitas.
Daftar Pustaka

Creswell, John W. (2010). Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga) (Achmad Fawaid, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Digman, Lester A. (1986). Strategic Management: Concepts, Decisions and Cases. Texas: Business Publication Inc.

Dwiyanto, Agus. (2003). Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah: Ringkasan Eksekutif. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Eade, D. (1998). Capacity Building: An Approach to People-Centered Development. United Kingdom: Oxford, Oxfam GB.

Eaton, Joseph W. (1986). Pembangunan Lembaga Dan Pembangunan Nasional Dari Konsep Ke Aplikasi (Guritno, A. Jeni, dan Swasono, Penerjemah). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Edralin, J.S. (1997). The New Local Government and Capacity Building. Regional Development Studies Vol. 3.

Grindle, Merilee S. (ed.). (1997). Getting Good Government: Capacity Building in the Public Sectors of Developing Countries. Harvard University: Harvard Institute for International Development.

Grindle, Merilee S. (2007). Going Local: Decentralization, Democratization and The Promise of Good Governance. New Jersey: Princeton University Press.

James, Valentine U. (ed.). (1998). Capacity Building in Developing Countries: Human And Environmental Dimensions. USA: Praeger Publishers.

Keban, Yeremias T. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Penerbitan Gaya Media.

Nurhasim, Moch. (2007). Penguatan Kapasitas Desa di Indonesia. Jakarta: LIPI.

Download File
 kapasitas-pemerintahan-desa-dalam-menghadapi-implementasi-un.pdf (25)
Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media