Jurnal dan Penelitian

Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Enterprise Resource Planning (erp)
Bijak
Volume. X No. 1 Maret 2013
Abstrak

Abstract

 

This study focuses on analyzing the determinant factors of user satisfaction level of Enterprise Resource Planning (ERP) application system used in PT Kaltim Prima Coal (KPC) (i.e. Ellipse).  The proposed determinants to be studied are the service quality related to the operational of Ellipse and the performance of ERP application system (i.e. Ellipse) itself.  Service quality refers to SERVQUAL, whereas ERP application system performance refers to Enterprise Systems Success (ESS) Measurement Model. Research data were obtained through survey in the form of an online questionnaire to Ellipse users of the three divisions in KPC, and approximately 380 Ellipse users are asked to participate, after a through verification and analysis prerequisites test, 162 of them deserve to be processed further. Survey data were processed and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM).  The results showed that at KPC, the service quality related to the operational of Ellipse does not significantly influence toward user satisfaction; while the performance of ERP application system (i.e. Ellipse) has highly significant positive effect on user satisfaction.

 

Keywords:             Service Quality, ERP Application System Performance, and User Satisfaction

 

 

Abstrak

 

            Penelitian ini fokus pada analisis faktor-faktor penentu dari level kepuasan  pemakai dari aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) di PT.Kaltim Prima Coal (KPC), dalam hal ini Ellipse system. Adapun faktor-faktor penentu dalam penelitian ini menekankan pada Kualitas Pelayanan yang berhubungan dengan opersionalisasi dari Ellipse dan kinerja dari sistem ERP (Ellipse) itu sendiri.  Kualitas Pelayanan merujuk pada SERVQUAL, dimana kinerja aplikasi ERP merujuk pada Model pengukuran ESS (Enterprise Systems Success). Data riset diperoleh melalui survei online quesioner yang dibagikan kepada para pengguna Ellipse yang ada di 3 divisi yang ada di KPC (Divisi Mining Support, Divisi Supply Chain, dan Divisi Finance). Dari 380 pengguna Ellipse yang diminta untuk berpartisipasi, setelah diverifikasi dan dilakukan prerequisite test, sebanyak 162 data lolos dan layak untuk diteliti lebih lanjut. Data survei diproses dan dianalisa menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil menunjukkan Kulitas Pelayanan yang ada hubungannya dengan operasionalisasi Ellipse tidak ada korelasi yang cukup signifikan pengaruhnya terhadap kepuasan penggunanya, sementara itu  sistem kinerja ERP (Ellipse) di KPC berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap kepuasan penggunanya.

 

Kata Kunci: Kualitas servis, Kinerja Sistem Aplikasi ERP, dan Kepuasaan Pengguna

 

 

Judul
Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Enterprise Resource Planning (erp)
Penulis
Donny Oktavian Syah & Robby Yoga Prakasya
Penrbit
LPPM STIAMI
Bahasa
Indonesia
Hak Cipta
STIAMI
Kata Kunci
Kualitas servis, Kinerja Sistem Aplikasi ERP, dan Kepuasaan Pengguna
Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

 

Agung I.G.N. 2011.Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Edisi ke-4.PT. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Ed. rev.. Yogyakarta: Rineka Cipta.

 

Christiadji, H.. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Jasa dan Kualitas Produk serta Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Departemen Jasa Keahlian Divisi Jasa Pelayanan Pabrik PT Pupuk Kalimantan Timur Bontang. Tesis MM Unmul. Tidak dipublikasikan. Samarinda: Universitas Mulawarman.

 

Davenport, Thomas H.. 1998. Putting the Enterprise into the Enterprise System. Harvard Business Review. (July-August): 1-11.

 

DeLone, W.H. and E.R. McLean. 2003. The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten Years Update. Journal of Management Information Systems. (Spring, 19:4): 9-30.

 

-------. 1992. Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research. (3:1): 60-95.

 

Ferdinand, Augusty. 2005. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Ed. 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Gable, G.G., D. Sedera, and T. Chan. 2003. Enterprise Systems Success: A Measurement Model. Proceedings of the 24th International Conference on Information Systems. S.T. March, A. Massey, and J.I. DeGross (eds.). Seattle. 576-591.

 

Ghozali, Imam. 2011. Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 19.0. Ed. IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Guritno, S., Sudaryono, dan U. Rahardja. 2011. Theory and Application of IT Research // Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

 

Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Research. Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.

 

Hair, J.F. et al.. 1995. Multivariate Data Analysis with Readings. 4th Ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

 

Heizer, J. dan B. Render. 2010. Manajemen Operasi. Buku 2. Ed. 9. Terjemahan. C. Sungkono (penterj.). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

 

Kotler, P. and K.L. Keller. 2009. Marketing Management. 13th Ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

 

Lovelock, C.H. dan L.K. Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Terjemahan. Agus Widyantoro dan tim (penterj.). Jakarta: Indeks.

 

Lupiyoadi, R. dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Ed. 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

 

O’Leary, Daniel E.. 2000. Enterprise Resource Planning Systems: Systems, Life Cycle, Electronic Commerce, and Risk. Cambridge: Cambridge University Press.

 

Parasuraman, A., V.A. Zeithaml, and L.L. Berry. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing. (Fall, 49): 41-50.

 

-------. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. (Spring, 64): 12-40.

 

Payne, Adrian. 2000. Pemasaran Jasa (The Essence of Service Marketing). Ed. II. Terjemahan. F. Tjiptono (penterj.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

 

Santo, F.W dan H. Alianto, 2012. Esensi Penerapan ERP Dalam Bisnis. Jakarta : Graha Ilmu.

 

Santoso, Singgih. 2011. Structural Equation Modeling (SEM): Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Sedera, D. and G. Gable. 2004. A Factor and Structural Equation Analysis of the Enterprise Systems Success Measurement Model. Proceedings of the 25th International Conference on Information Systems. Charlottesville, Virginia. 449-463.

 

Suharno dan Y. Sutarso. 2009. Marketing in Practice. S.H. Mangku (edit.). Samarinda: Sary Cards.

 

Sumarwan, U. et al.. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen: Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku, Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. Bogor: IPB Press.

 

Tadjer, Rivka. 1998. Enterprise Resource Planning. InternetWeek. (April, 710): 40-42.

 

Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2007. Service, Quality & Satisfaction. Ed. II. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

 

Tjiptono, Fandy. 2005a. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Ed. V. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

 

-------. 2005b. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

 

Wijayanti, Ari. 2008. Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler Prabayar Mentari Indosat Wilayah Semarang). Tesis MM Undip. Dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.

 

Wijayanto, Bambang Dwi. 2010. Analisis terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Jasa Konstruksi PT Wijaya Karya Tbk Wilayah VII Kalimantan Timur. Tesis MM Unmul. Tidak dipublikasikan. Samarinda: Universitas Mulawarman.

 

Zeithaml, V.A., L.L. Berry, and A. Parasuraman. 1993. The Nature and Determinants of Customer Expectations of Service. Journal of the Academy of Marketing Science (Winter, 21:1): 1-12.

 

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, and D.D. Gremler. 2009. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 5th Ed. McGraw-Hill Education (Asia).

 

_____. 2011. Ellipse 1 Training Manual. Jakarta: PT EMS Paramitra.

 

_____. Internal marketing. Wikipedia. [Online]. (http://en.wikipedia.org/wiki/ Internal_marketing, diakses bulan November 2011).

 

_____. 2011. Laporan Pembangunan Berkelanjutan 2010 PT Kaltim Prima Coal: Ekspansi untuk Keberlanjutan. Sangatta: PT Kaltim Prima Coal.

 

_____. Perencanaan sumber daya perusahaan. Wikipedia. [Online]. (http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_sumber_daya_perusahaan, diakses bulan Oktober 2011).

 

_____. PT Bumi Resources Tbk. – Information Technology. PT BUMI ResourceS Tbk.. [Online].(http://www.bumiresources.com/index.php?option=com_content&task =view&id=103&Itemid=145, diakses bulan April 2012).

 

_____. Winsorising. Wikipedia. [Online]. (http://en.wikipedia.org/wiki/Winsorising, diakses bulan Maret-April 2012).

Download File
 faktor-penentu-tingkat-kepuasan-pengguna-sistem-aplikasi-ent.pdf (613)
Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media