Jurnal dan Penelitian

Peranan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
Bijak
Volume. X No. 1 Maret 2013
Abstrak

          Dewasa ini, persaingan di bidang bisnis memicu peningkatkan kebutuhan manajemen akan informasi. Manajemen membutuhkan informasi yang akurat dan cepat yang disajikan dalam bentuk yang informatif sebagai dasar pengambilan keputusan. Informasi yang dibutuhkan berasal dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Penguasaan terhadap informasi yang berasal dari kedua lingkungan tersebut sangat penting dalam menentukan strategi yang tepat dalam persaingan bisnis yang sedang terjadi.

          Informasi yang berasal dari lingkungan internal didapat dengan melakukan pemrosesan terhadap dokumen-dokumen yang digunakan sebagai pencatatan dan bukti transaksi yang terjadi. Menurut Chuck Williams dalam bukunya yang berjudul Manajemen, informasi akan bermanfaat jika akurat, lengkap, relevan, dan tepat waktu. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari informasi yang berasal dari lingkungan internal dibutuhkan suatu mekanisme pemrosesan yang memenuhi komponen tersebut. Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah dengan menggunakan sistem informasi yang tepat.

          Selain untuk kebutuhan manajemen, sistem informasi yang tepat dibutuhkan juga untuk memperlancar proses bisnis yang ada di dalam perusahaan. Sistem informasi yang terpusat dan digunakan oleh setiap bagian yang ada di perusahaan akan mempercepat pertukaran informasi yang akurat dari dan ke setiap bagian. Dengan demikian, proses bisnis yang terjadi di dalam perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

           Menengok pentingnya system informasi, kegiatan bisnis yang dikelola perusahaan membutuhkan sistem informasi yang dapat melakukan proses data menjadi informasi yang akurat, lengkap, relevan, dan tetap waktu.

          Dalam merancang sistem informasi bisnis tersedia beberapa macam alat (tools) untuk menggambarkan proses yang terjadi dalam sebuah sistem. Bagi pengembang keberadaan tools ini sangat penting dalam melakukan koordinasi pekerjaan antar mereka dalam sebuah team dan dokumentasi suatu aplikasi serta untuk menjelaskan kepada user. Tools yang mana yang perlu digunakan, itu tergantung kebutuhan user.

          Sebuah sistem berkembang secara terus-menerus mengikuti kebutuhan user, sehingga apa yang digambarkan akan berubah sesuai kebutuhan tersebut. Keberadaan dokumentasi memudahkan kita dalam melakukan pengembangan, namun banyak yang tidak melakukannya.

Judul
Peranan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
Penulis
Widiyono
Penrbit
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI)
Bahasa
Indonesia
Hak Cipta
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI)
Kata Kunci
Teknologi Informasi
Daftar Pustaka

Griffin, Ricky W. and Ronald J. Ebert. 2002. Business. 6th Ed. Prentice Hall International, Inc.

Hisdrich, Robert, et.al. 2005. Entrepreneurship. 6th Edition. McGraw Hill International.

Lupiyoadi, Rambat. 2004. Entrepreneurship: From Mindset to Strategy. Lembaga Penerbit Universitas Indonesia.

Sukardi, Iman S. 1991. Intervensi Terencana Faktor-faktor Lingkungan terhadap Pembentukan sifat-sifat Entrepreneur. Disertasi. Jakarta: Fakultas Pascasarjana UI.

Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Bisnis. Prenada Media.

Prasetijono WM Joedo dalam Pengembangan Kemampuan Kelembagaan Usaha Kecil dalam Mengahadapi Era Perdagangan Bebas. Makalah dalam Diskusi The Asia Foundation dan ISEI, 22-23 Agustus 1998.

Mudradjat Kuntjoro, ”Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Studium Generale pada STIE Kerja Sama, Yogyakarta, 18 Nopember 2000.

http:/emaildahsyat.wordpress.com/2008/08/11/promosi-produk-lewat-email-why-not

Download File
 peranan-teknologi-informasi-dalam-bisnis.pdf (26485)
Kerja Sama dan Sertifikasi
Social Media